Virus dan Pencegahannya

Sejarah Virus
Virus yang pertama kali muncul di dunia ini bernama [Elk Cloner] lahir kira-kira tahun 1981 di TEXAS A&M. Menyebar melalui disket Apple II yang ada operating systemnya. Sang perusak ini mendisplay pesan di layar : "It will get on all your disks-It will infiltrate your chips–yes it is Cloner!-It will stick to you like glue-It will modify RAM too-send in the Cloner!" Hi……………….

Nama "Virus" itu sendiiri baru diberkan setelah 2 tahun kelahirannya oleh Len Adleman pada 3 November 1983 dalam sebuah seminar yang ngebahas cara membuat virus and memproteksi diri dari virus. Tapi orang-orangorang sering menganggap bahwa virus yang pertama kali muncul adalah virus [Brain] yang justru lahir tahun 1986. Wajar aja, soalnya virus ini yang paling menggemparkan dan paling meluas penyebarannya karean menjalar melalui disket DOS yang waktu itu lagi ngetrend. Lahirnya juga bersamaan dengan [PC-Write Trojan] dan [Vindent]

Apa saja tanda-tanda atau indikator adanya virus komputer di komputer Anda? Silakan saja lihat beberapa tanda-tanda berikut ini.

* Komputer Anda berjalan lebih lambat dari biasanya dan itu berlangsung secara konsisten.

* Komputer tiba-tiba berhenti atau tidak merespon dan hal tersebut sering terjadi.

* Komputer tiba-tiba restart atau crash dan ini terjadi beberapa menit sekali.

* Komputer tiba-tiba restart dan tidak bisa berjalan normal kembali.

* Aplikasi komputer tidak berjalan dengan semestinya.

* Hardisk atau disk drive tidak bisa diakses.

* Aktivitas print tidak bekerja dengan semestinya.

* Sering terjadi pesan error yang aneh dan tidak biasanya.

* Sering terlihat menu atau dialog box yang rusak.

Hal tersebut di atas merupakan gejala umum bahwa suatu komputer terinfeksi oleh virus komputer, tetapi itu bisa juga terjadi akibat dari gangguan pada hardware atau juga software. Solusi utamanya ialah dengan melakukan instalasi antivirus yang selalu up-to-date.
Penanganan komputer yang terkena virus
Berdasarkan pengalaman saya dalam menangani komputer yang terkena virus, ada beberapa langkah / cara penanganannya :
* Cara termudah :
1. Backup data penting semua
2. Format Partisi yang menjadi System
3. Install ulang sistem operasi
4. Install Program Anti Virus
5. Update virus definition yang terbaru (dengan harapan di virus definition yang terbaru ini, terdapat penawar dari virus komputer tersebut)
6. Scan semua partisi dengan virus definition yang baru ini (jika document file yang terkena virus, kemungkinan document tersebut akan mengalami korup, atau dihapus)

CATATAN : perlu diketahui virus yang beredar saat ini, kebanyakan menyerang sistem operasi WINDOWS, jadi jika anda ingin meminimalisir kemungkinan komputer anda terkena virus, pakai saja sistem operasi NON WINDOWS seperti LINUX (banyak variant / distronya), UNIX, atau MAC OS.
Banyak virus yang bisa menyerang WINDOWS OS, dapat juga menyerang PONSEL anda yang memiliki sistem operasi WINDOWS seperti WINCE.

Beberapa virus menolak kegiatan penginstalan program Anti virus ke komputer yang terkena virus, karena beberapa kali saya mengalami hal ini, dimana komputer yang terkena virus, setelah diinstal anti virus, ternyata program anti virus tersebut tidak dapat dibuka / dijalankan.

Langkah termudah mengatasi virus komputer ya, gunakan 6 langkah termudah diatas.
Untuk mengembalikan file yang terhidden silahkan baca di sini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Virus dan Pencegahannya"