Motherboard

Motherboard adalah papan dimana komponen–komponen computer yang ditancapkan dan dapat saling berhubungan. Motherboard juga merupakan pusat-pusat sumber daya yang mengatur kerja semua kompenen yang terhubung.Selain itu, motherboard juga mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Di dalam Motherboard terpasang beberapa komponen, seperti dudukan untuk processor baik untuk slot maupun soket,soket memori, slot AGP/PCI Express, slot PCI, Chipset, CMOS dan komponen pendukung lainnya.Untuk membantu atau mempermudah hubungan hardware-hardware PC maka digunakan Motherboard.

Bagian-bagian dari motherboard :


Soket Processors
Berfungsi untuk menempatkan processor didalam motherboard.bentuk soket berbeda–beda tergantung dengan processor yang akan dipasang dan bentuk soket yang ada di motherboard.
Ada beberap jenis :
1. DIP (40 pin) untuk processor 8088/8086
2. Socket 3 (168 PIN) untuk processor 486
3. Socket 5 dan 7 (321 pin) untuk processor Pentium
4. Socket 8 (371 pin) untuk processor Pentium Pro


Chip Northbridge
Chipset ini terletak di dekat soket processor,berfungsi untuk menghubungkan dan Mengendalikan processor dengan system memori dan system grafis.Biasa nya berukuran paling besar disbanding chip - chip lain.terkadang produsen motherboard menambahkan heatsink atau kipas pendingin diatas chipset.

Chip Southbridge
Chipset ini lebih kecil daripada chipset Northbridge tadi,berfungsi untuk menghubungkan dan mengendalikan bus IDE,PCI,Keyboard,mouse,USB dan power management.

Chip Set :
Merupakan sekumpulan chip controller cerdas yang ada di motherboard. Chipset terdiri dari interface bus processor (FSB), memori controller, bus controller, I/O Controller dan lainnya. Controller-controller diletakkan cukup dekat dengan CPU, karena controller-controller itu mengendalikan bus-bus disekitar CPU. Tanpa chipset, baik bus RAM atau I/O tidak akan berfungsi bersama dengan CPU.
Ada beberapa produsen CHIPSET yaitu OPTI, UMC, ALI SIS, VIA dan Intel.
- Chipset Intel 82350 untuk processor 386 dan 486.
- Intel 430LX (Mercury), Intel 439 NX (Neptune), Intel 430 FX (Triton I) yang merupakan chipset generasi kelima (kelas P5 pentium) yang didukung soket 5/7
Slot :
Slot adalah tempat untuk menancapkan komponen tambahan seperti kartu I/O dan kartu jaringan.

Slot Ekspansi
Slot-slot pada motherboard yang memungkinkan pemakai melakukan ekspansi atau upgrade.Istilah upgrade berarti meningkatkan kemampuan computer dengan cara menambahkan komponen-komponen tertentu untuk melaksanakan tugas-tugas yang tak dicakup pada system sebelumnya.
Istilah upgrade berarti menyatakan perubahan dari versi sekarang ke versi yang lebih tinggi dan juga dapat berupa perubahan jenis microprocessor atau perubahan system operasi.

Slot PCI
Slot terdiri dari 2-6 buah ( tergantung dari motherboard ) yang digunakan untuk menancapkan peripheral tambahan berbasis PCI seperi Sound card, TV tuner, modem. Slot ini mendukung akses 32 bit.


Slot Grafis AGP/PCI Express
Digunakan untuk menancapkan kartu grafis.slot ini ada 2 macam yaitu AGP dan PCI Express,untuk slot AGP untuk saat ini sudah sangat jarang digunakan.PCI Express ada 2 model PCI Express dan PCI Express x16.Secara teori PCI Express mempunyai bandwidth 4 GB/s dan PCI Express x16 juga menjanjikan tampilan grafis game yang bagus.


Slot RAM
Slot berbentuk panjang yang berfungsi untuk memasang memori utama/RAM.Bentuk dan jumlah slot tergantung dari motherboard.

Baterai CMOS
Baterai kecil yang berfungsi untuk menyimpan konfigurasi system computer.CMOS ( Complementary Metal Oxide Semiconductor ).

Chip BIOS
Sama seperti CMOS berguna untuk menyimpan informasi di BIOS ( Basic Input/Output System ).

Port Parallel ATA/IDE
Konektor untuk menghubungkan peripheral IDE seperti HDD PATA,atau drive CD /DVD.


Port SATA

Generasi terbaru untuk konektor menhubungkan HDD SATA,atau CD/DVD,dan tentukan nya dengan transfer rate yang lebih cepat daripada port ATA/IDE.

Dan banyak lagi bagian – bagian yang ada didalam motherboard, dan mempunyai kemampuan serta kegunaan sendiri untuk mendukung motherboard. Untuk saat ini banyak sekali merek motherboard yang ada tinggal sesuai dengan budget dan kebutuhan kita.

Motherboard biasa disebut system board, mainboard, dan plannar. Komponen ini terdiri atas
Kl Celeron M tuh base pada Pentium M yg hemat battery alias ultra low voltage.. Kl Celeron D itu base pada Pentium D (kl ga salah) yg artinya dual core..

Trus bedanya lg di L2 Cache, kyk memory yg lbh kenceng dr DDR RAM.. Utk Celeron D cuma 256Kb, sedangkan Celeron M ada yg 1MB ada yg 512Kb..

Bedanya di Front Side Bus jg.. Celeron D tuh FSBnya 533Mhz, sedangkan Celeron M 400Mhz, dengan bgitu utk speed, Celeron D variannya clocknya lbh tinggi.. 2,26Ghz sampe 3,20Ghz.. Dan sedangkan untuk Celeron M itu 0,90Ghz sampe 1,..Ghz.. Titik2 itu lupa aku brp.. Kl ga salah seh 1,80Ghz.. Hehehehe..

Smoga jelas ini.. Ingetku baru ini.. Tar kl ada yg inget lg aku tulis, hehehehe.. Eh ya, kl ga salah seh socketnya jg beda.. Jd jelas menggunakan mobo yg berbeda.. Kl si Celeron D itu pake LGA 775 socketnya..
Yang dimaksud dengan dual core itu maksudnya di dalam prosesor tersebut ditanamkan dua buah inti/core. Dengan adanya kedua inti maka pekerjaan prosesor dalam memproses perintah akan digagikan kepada 2 buah inti tadi sehingga proses dapat berlangsung lebih cepat. Kegunaan utama dengan adanya dual core ini akan kita rasakan terutama dalam software2 mutitasking seperti sewaktu merender video dapat sambil melakukan scanning virus dsb.

Maksudnya 2X1MB itu masing2 core memiliki sebuah cache sebesar 1MB. Maka total cachenya 2MB. Pribadi gua belum pernah coba sih, dana tidak mendukung. hiks...
Hyper-Threading itu sebenarnya hanya fitur untuk membuat sebuah prosesor yang terdiri dari sebuah core inti tampak menjadi dua buah core yang bekerja pada sistem. Dimana satu buah core lainnya itu adalah core virtual (tidak nyata) tapi dianggap sebagai sebuah core. Jadi kalau kita lihat di bagian task manager memang akan tampak 2 buah core tetapi sebenarnya salah satunya itu adalah core virtual.

Beda dengan Pentium D yang notabene memang menggunakan dua buah core secara fisik. Bahkan ada juga versi Pentium D yang mendukung fitur Hyper-Threading ( Pentium D 840 EE ) jadi kita akan mendapatkan prosesor dengan 4 buah inti dimana 2 buah inti fisik/asli, dan 2 buah inti virtual.

Cache itu tempat penyimpanan sementara data yang akan diproses oleh prosesor jadi semakin besar cache sebuah prosesor maka prosesor akan lebih cepat dalam memproses sebuah perintah. Hal ini disebabkan letak cache yang lebih berdekatan dengan inti (cache ditanamkan di dalam prosesor) daripada prosesor harus mengambil dulu data yang akan diproses dari memory utama (RAM) yang letaknya lebih jauh.





Memori berkapasitas terbatas, memori ini berkecepatan tinggi dan lebih mahal dibandingkan memory utama. Berada diantara memori utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu kepada memori utama tetapi di cache memory yang kecepatan aksesnya yang lebih tinggi, metode menggunakan cache memory ini akan meningkatkan kinerja sistem.
Cache memory adalah tipe RAM tercepat yang ada, dan digunakan oleh CPU, hard drive, dan beberapa komponen lainnya. Seperti halnya RAM, lebih banyak cache memory adalah lebih baik, akan tetapi biasanya cache pada CPU dan hard drive tidak dapat diupgrade menjadi lebih banyak. Contoh yang dapat dilihat misalnya adalah pada CPU Pentium II terdapat 512 KiloByte cache, dan pada hard drive IBM 9LZX SCSI terdapat 4 MegaBytes cache. Seperti halnya RAM, pada umumnya data akan dilewatkan dulu pada cache memory sebelum menuju komponen yang akan menggunakannya (misalnya CPU). Selain itu cache memory menyimpan pula sementara data untuk akses cepat. Kecepatan cache memory juga menjadi unsur yang penting. Sebagai contoh, CPU Pentium II memilki cache sebesar 12 k, dan CPU Celeron memiliki cache sebesar 128 k, akan tetapi cache pada Pentium II berjalan pada 1/2 kali kecepatan CPU, sementara cache pada Celeron berjalan dengan kecepatan sama dengan kecepatan CPU. Hal ini merupakan tradeoff yang membuat kecepatan Celeron dalam hal-hal tertentu kadang-kadang malah bisa mengalahkan Pentium II.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Motherboard"